Selasa, 25 November 2008

Mahasiswa yang malang

Mahasiswa Yang malang

dari judulnya udah pada tau klo postingan ini pasti nyeritain tentang mahasiswa yang nasibnya tragis karena ditimpa kemalangan yang cukup banyak. . .

sebenernya gak tragis tragis amat sih, tapi buat level seorang mahasiswa hal ini selain tragis juga cukup miris, yup bener miris. kenapa bisa miris ?

gini ceritanya, nyokap gw tercinta (halah) rencananya mw balik ke klaten hari jum'at malem naek KA, merek kereta apinya yang bakal dinaekin ama nyokap gw adalah S*NJ* UT*M* jurusan solo balapan.

Rencana awalnya nyokap gw balik bareng adik gw yang jelek (Piss) naek tuh KA, tapi ternyata secara mendadak adek gw yang jelek nggak bisa ngikut dengan alesan ada Pertandingan futsal hari sabtu. walhasil ada 1 tiket yang mubazir kan,

yah sesuai peraturan dari PJKAI yang ada di belakang tiap tiket tentang pembatalan tulisannya gini

*pembatalan tiket sampai dengan 5 jam keberangkatan (klo gak salah) maka bea akan dikembalikan 75% dari harga tiket

*pembatalan tiket dari 5jam sebelum keberangkatan sampai 3 jam sebelum keberangkatan, maka bea dikembalikan 50% dari harga tiket

*pembatalan kurang dari 3 jam sebelum waktu keberangkatan tidak bisa dilakukan, alias tiketnya angus

oleh karena itu (halah) H-2 nyokap gw nyuruh sodara gw buat ngebatalin tuh tiket, dimana mana H-2 tuh 48 jam sebelum keberangkatan, dan sodara gw seharusnya dapet duit rp82500 (110.000 x 75%) tapi pas di j*t*neg*r* bilang kalo tiketnya gak bisa dibatalin dengan alesan yang gak jelas.

hm3 dasar, emang gak bisa baca ya mbak, klo di peraturan tuh minimal sampe H-3jam masih bisa dibatalin, kok dengan enaknya bilang gak bisa dibatalin

tapi tunggu dulu, maksudnya gak bisa dibatalin tuh soalnya ada peraturan gak tertulis yang mungkin beredar di lapangan yang isinya :

tiket yang udah dibeli gak bisa dibatalin dalam kondisi apapun walaupun masih dalam batas waktu yang ditentukan kecuali

1. pembeli melakukan pembatalan secara tidak resmi, alias dibelakang (bukan di wc) dan ganti rugi yang diterima dari pembatalan tiket ditentukan oleh sang pembeli

2. pembeli melakukan pembatalan didepan orang yang gak berwenang untuk menjual tiket tapi dia menjual tiket dengan harga yang diluar batas harga normal , istilah gampangnya Calo.

pihak pembeli bebas untuk menjual harga tiket yang sudah dimilikinya kepada siapapun (termasuk anda sendiri) dengan harga yang lebih tinggi dari harga belinya dan tidak terikat oleh peraturan pemerintah mengenai tuslah


so ada 2 pilihan mau dijual ke mana? calo ato penjual tiket.
tapi ternyata sodara gw lebih milih option ke2, mending dijual lewat calo aja, udah terlanjur sakit hati ama pegawai yang jual tiket. dan dari tiket yang dijual ke calo dapet ganti rugi sebesar 70.000. yah lumayanlah cuma rugi 10.000, itung2 amal

cerita ini gak selese sampe disini aja, masih ada kelanjutannya,

di hari H-0 nyokap gw naek tuh KA, no tempat duduknya klo gak salah 14 A, berarti tiket yang dibatalin 14B, dan ternyata setelah KA mau jalan ada mahasiswa yang duduk di no 14B.
terus terjadilah perbincangan yang membuat mahasiswa itu ngelus2 punggung (=p)

Nyokap : duduk di situ dek (14B)

MHSW : iya Bu, saya disini

Nyokap : Beli tiket di mana, kan di loket abis

MHSw : Beli di luar alias lewat calo

Nyokap : Beli tiketnya berapa dek?

MHSw : tadi kata calonya dia beli 120rb, terus dia nyuruh saya beli di atas 120rb,

Nyokap : Pasnya Berapa?

MHSw : sekitar 130-150rb (gw lupa pasnya berapa)

Nyokap : Mahal banget, padahal kemaren saya ngejualnya cuma 70rb

MHSw : (*&&%&^$%^$#$%##%#

yah mahasiswa tersebut cuma bisa pasrah sama ikhlas, habis mau gimana lagi, KA udah jalan klo mau turun dari KA juga gak mungkin,
gw cuma bisa kasian ama tuh mahasiswa, moga moga dia bisa ikhlas, tapi ucapan nyokap gw juga rada nusuk, bilang kayak gitu ke korban penipuan calo

padahal klo lu mw mesen PAHE (Paket Hemat) alias gak pake tiket, lu juga bisa, dan itu juga diijinin sama kondekturnya, keuntungan dari PAHE ini tuh harga tiket <50% harga asli, kadang kadang malah bisa cuma sekitar 15% - 20 %, tapi yang namanya PAHE berarti gak dapat tempat duduk alias berdiri ato tidur di bawah kursi KA klo mau he3

jadi buat para pembaca harap hati2 sama penipuan calo yang kayak begitu, soalnya di saat terdesak biasanya orang bakal ngelakuin apapun termasuk melanggar peraturan yang jelas jelas dilarang sekalipun...

buat mahasiswa yang menjadi korban, semoga amal ibadah anda diterima disisinya
amin...

inget kejahatan terjadi bukan karena niat dari pelakunya tapi juga karena ada kesempatan
Waspadalah . . . Waspadalah . . . Waspadalah
(Bang Napi)

Tidak ada komentar: